30 Oct 2018

# diary # me

Oktober & Sensasi Panas yang Membuatku Meminum Es Sari Jahe untuk Pertama Kalinya!


30 Oktober 2018, hari Selasa dan segala aktivitas di bulan Oktober yang akan segera berakhir. Lucu bagaimana bulan ini selalu menjadi bulan yang kunanti setiap tahunnya, namun disaat bersamaan juga sekaligus menjadi bulan yang paling membuatku khawatir. Kenapa? Karena tepat 25 tahun yang lalu, di bulan inilah aku membuka mata untuk pertama kalinya di dunia. Tentu aku merasa antusias karena pertambahan usia, tapi pertambahan usia juga sekaligus menjadi tanda bahwa aku semakin tua. haha

Aku kerap membayangkan bahwa di setiap bulan inilah para 'hakim imajinasi' akan muncul dan menilai sudah seberapa berkembang dan dewasakah aku kini saat usiaku bertambah. Aku rasa tahun ini, aku akan cukup berbangga di hadapan para 'hakim imajinasi'. Karena jika memang boleh berimajinasi, aku akan membayangkan para hakim akan berdecak kagum akan progress diriku dari tahun-tahun sebelumnya. Perlahan tetapi pasti, ada banyak impian yang sedari dulu kumiliki mulai menjadi kenyataan. sebut saja salah satunya menjadi seorang penulis. Aku memang belum menerbitkan satupun buku, tetapi aku cukup berbangga bisa menjadi bagian dari sebuah komunitas media online dan telah menulis cukup banyak artikel yang dapat dinikmati maupun menginspirasi banyak orang. 

Memiliki pekerjaan utama sebagai seorang cake artist di Luch Luch Cake, awalnya aku gak yakin dapat terus giat menulis seperti sekarang. Saat awal memulai karir sebagai cake artist saja, aku sampai harus cuti sejenak dari kebiasaanku menulis blog (sebelumnya aku adalah blogger di Luch Luch Craft). padahal sebagai seorang beauty & fashion blogger, aku sudah memiliki sejumlah pembaca aktif di blog tersebut. Tapi, tidak berlangsung lama aku menyadari, bahwa kecintaaan pada kegiatan tulis menulis merupakan hal yang lebih daripada sekedar hobi melainkan bagian dari diriku. aku gak bisa melepaskan atau pun sekedar melakukannya hanya karena terbawa mood saja. saat akhirnya mulai menulis di IDNtimes, mendapatkan respon yang luar biasa, hingga menanjak menjadi salah satu dari 100 rangking teratas, aku sadar bahwa sebenarnya aku bisa melakukan dua hal yang kucintai tersebut secara bersamaan bila aku memiliki kemauan yang kuat ditambah dengan time management yang tepat. Meski sibuk menghias kue hampir setiap harinya hingga terkadang sampai subuh sekalipun, sebisa mungkin aku meluangkan waktu untuk dapat tetap aktif menulis baik disaat jeda istirahat atau pun disaat akan menjelang tidur.


Walau demikian, tetap saja meski dengan tingkat aktifitas yang padat dan time management sekalipun, 'bumbu' utama yang dapat membuat kegiatan yang dikerjakan setiap harinya secara rutin dapat berjalan dengan lancar adalah pentingnya menjaga kondisi badan agar tetap fit. Bulan Oktober ini, gak pernah terbayangkan akan menjadi ujian bagiku dalam menjaga kesehatan. Matahari di langit sepertinya sedang protes akan kondisi bumi, sehingga sepanjang bulan ini ia sedang gencar-gencarnya mengubah kulit kita semua menjadi gosong. :P Meski hampir keseluruhan aktifitasku dikerjakan di dalam ruangan, tapi rasanya bahkan AC pun harus menyadari posisinya melawan kekuatan alam dan gagal meniupkan angin sepoi-sepoi melalui mesinnya. Ujung-ujungnya, aku jadi ikut-ikutan membeli dan mengkonsumsi berbagai jenis es setiap harinya. Mulai dari es teh, es doger, es campur, es oyen, es krim segala merk, sampai es batu di kulkas yang cuma berasa air putih saja kuminum sangking dahaga ini tak terbendung. Dikonsumsi hampir setiap hari, tentu saja yang seperti ini jatuhnya malah gak sehat.

Namun beberapa waktu yang lalu, saat sedang melakukan kegiatan leha-leha paling favorit yakni scrolling instagram, aku melihat postingan foto minuman sachet merk Herbadrink dari salah satu feed. Kalau berbicara mengenai minuman dalam bentuk sachet, aku biasanya kurang tertarik untuk membeli karena merasa lebih praktis kalau langsung membeli yang dijual dalam bentuk botol atau dapat langsung diminum.Tapi yang membuatku pada akhirnya cukup penasaran untuk mencoba adalah karena minuman sachet ini, sesuai dengan namanya, adalah minuman untuk kesehatan lho. Khasiat masing-masing variannya pun terpampang jelas di packing yang dengan mudah membuat kita tahu apa saja fungsi dari minuman yang akan kita konsumsi ini.


Kalau tidak salah, ada sekitar 12 varian Herbadrink tersebar di berbagai supermarket dimana 4 diantaranya merupakan varian rasa dengan tambahan catatan sugar free/bebas gula. Beberapa varian rasa yang tertangkap selfie bareng aku adalah varian rasa populer yakni sari jahe, sari temulawak dan lidah buaya. Ketiganya adalah varian rasa yang sebenarnya sudah cukup familiar sebagai bahan minuman di Indonesia untuk kesehatan. Sebut saja lidah buaya yang tidak hanya memiliki rasa enak dan segar, tetapi juga dikenal dapat berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Pencernaan yang lancar tentunya sangat penting dibutuhkan oleh tubuh kita. Terlebih, lidah buaya ini merupakan sugar free sehingga akan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Ada juga rasa sari temulawak yang baik untuk melindungi fungsi hati. Kalau berbicara soal hati, jadi inget hubungan aku dan dia yang kalau ga dijaga, ujung-ujungnya rusak :( Kalau khawatir hati bakal sakit, konsumsi temulawak ini untuk menghindari hal-hal semacam itu, Guys

Terakhir dan yang akhirnya aku beli adalah Herbadrink sari jahe yang manfaatnya dapat menghangatkan sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Meski gak setiap saat, aku dari dulu memang suka mengkonsumsi jahe kalau merasakan badan mulai gak enak. Aku kalau capek sedikit pasti sakit. Telat makan dari jam biasanya, langsung masuk angin dan hidung meler seharian. Karena aku gak mau mengkonsumsi obat-obatan, pasti untuk menghangatkan badan tadi aku langsung ngeluarin jahe dari kulkas dan iris-iris buat dijadikan teh jahe. Jadinya, aku senang banget mengkonsumsi sari jahe ini. Meski baru sebentar berkenalan, aku sudah merasakan manfaat dan kepraktisannya yang gak perlu membuatku masih potong-potong jahe di dapur, tapi bisa langsung dikonsumsi dengan cepat. Di akhir Oktober ini, perlahan cuaca mulai semakin gak jelas. Panas tapi langitnya sebentar terlihat mendung seolah bakal hujan. Kalau sudah demikian, pasti tandanya musim sakit tiba. Maklum,perubahan cuaca acap kali disebut dengan udara yang gak baik buat tubuh. Kalau sudah seperti ini, aku berusaha keras untuk berhenti membeli minuman dingin meski sebenarnya pingin banget.


Karena aku ini termasuk anak jaman old, aku masih ingat banget nih sama jaman saat dulu mbok jamu kerap keliling perumahan buat menjual jamu. Papa dan mama aku dulunya rajin  mengkonsumsi jamu. Jamu kan minuman herbal, jadi tentu saja ramuan yang sangat dipercaya oleh banyak orang kalau soal menjaga kesehatan. Tapi kalau untuk jaman sekarang ini, aku sudah gak pernah lihat ada mbok jamu yang keliling perumahan. Kalau mau beli jamu, ya harus usaha dulu cari keluar rumah.. cukup kangen sebenarnya sama masa-masa itu. Kalau mengkonsumsi minuman Herbadrink ini entah kenapa aku jadi ingat kebiasan lama minum jamu. Semakin berkesan tentunya karena Herbadrink punya rasa yang gak buat trauma haha ( tahu sendiri kan jamu pahit hit hit..) :D




Rasanya sari jahe ini benar-benar nyegerin dan enak lho. Karena ada campuran gula jawa di dalamnya, jadi rasa dari gula jawa tersebut cukup mendominasi rasa di dalam minuman ini. sementara jahenya lebih terasa saat sudah sampai di tenggorokan yang melegakan banget. Meminum jahe inipun buat aku bereksperimen dengan gaya baru, yakni meminum es jahe! karena gak bisa lagi mengkonsumsi segala macam es tadi meskipun rasa panas masih kerasa, es jahe inipun berhasil menyelamatkanku dari dahaga kepanasan. Selama ini aku gak pernah mengkonsumsi jahe dengan es karena menurutku gak nyambung aja sih hehe. Tapi karena dalam bungkusnya tertera minuman ini bisa dikonsumsi dingin pula, jadilah aku coba-coba juga :)

Di beberapa feed instagram yang aku lihat, banyak orang-orang yang cukup kreatif pula dengan mengolah minuman es sari jahe lebih lezat lagi. Ada yang mencampurkan dengan nata de coco, ada pula yang mencampurkannya dengan irisan buah-buahan sementara serbuk sari jahe menjadi pengganti dari sirup. Bisa dicoba buat lain kali nih!


Sambil menikmati kesejukan rasa dari es sari jahe, aku menikmatinya dengan camilan martabak homemade buatan mama . Susah pasti untuk kita yang terbiasa mengkonsumsi gorengan tiba-tiba harus berhenti makan-makanan tersebut karena faktor ingin hidup sehat. Memang penting untuk gak terlalu sering memakan makanan goreng-gorengan atau berminyak. Makanya, sambil pelan-pelan mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut, aku lebih memilih buatan homemade yang proses pembuatan dan bahannya telah terjamin. Tentunya pula, akan semakin pas diselingi dengan minuman Herbadrink biar dapat menjaga kesehatan tubuh. Sambil perlahan-lahan pula, aku akan berusaha untuk semakin mengurangi makanan yang tidak baik dan lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat khususnya buah dan sayur. 
Terlebih, karena sekarang aku sudah berumur seperempat abad, Guys hahaha 



semoga tulisan sederhana ini setidaknya dapat menginspirasimu meski hanya sedikit, kawan. 
Believe for a better tomorrow while enjoy your life for today :)


xoxo

calledasia

facebook : Icha Lakawa
instagram : @calledasia
twitter@calledasia







17 comments:

  1. Kalau lagi kurang fit memang enak minum sari jahe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya bener banget. Sdh sering kucoba :)

      Delete
  2. Saya juga udah coba herbadrink, rasanya seger banget, saya suka yang sari temulawak, karena nafsu makan makin bertambah setelah minum 3 kali sehari selama 4 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya perlu coba juga nih yang sari temulawak :) variasinya ada banyak herbaderink. Perlu dicoba semua sesuai kebutuhan hehe

      Delete
  3. Aku belom pernah coba herbadrink nih. Kayaknya enak ya abis berenang minum ini. Jahenya terasa ya mbak? Biar tubuh makin fit dan bugar, cocok nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok banget mbak untuk habis berenang. biar ga masuk angin plus ngobatin lelah juga :) jahenya terasa bgt setelah masuk tenggorokan, tp pas diteguk pertama lebih dominan rasa gula merahnya. Seger kok :)

      Delete
  4. Yup dibalik kesibukan kita tetap harus menjaga kesehatan yah kak, praktis banget nih Herbadrink, aku suka yg temulawak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup yup betul banget! Sekarang jaga kesehatan bisa dlm bnyk cara. klo olahraga aja ga cukup. Konsumsi makanan sehat penting, tp kdng butuh asupan lainnya jg kyk ini misalnya :) Aku tertarik jg nih cobain temulawak hehe

      Delete
  5. Seger euy!! harus nyari herbadrinknya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu coba say! Asli berasa bgt manfaatnya :)

      Delete
  6. Replies
    1. Klo bagus harus dipromosikan mbak, biar yg lain kebagian manfaatnya jg hehehe

      Delete
  7. Kalo aku sih lebih prefer minum hangat,karna jahenya lebih terasa dan bikin tubuh hangat juga
    apalagi cuaca kan lagi nggak bagus-bagus nya ini ya,jadi waktu aku kena masuk angin berat di tambah flu,udah diminumin teh hangat tetap aja nggak mendingan
    akhirnya di belikan ama teman herba drink jahe.Dan habis minum segelas langsun enak kan, mual nya hilang umbel juga hilang wkwkwkwkw. Alternatif lain kalo dirumah lagi nggak ada jahe asli niih hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Aq jg plng suka hangat. serius asli pas pilek awal lngsng berhenti, karna ini kan fungsinya menghangatkan. Tp boleh lho sesekali dicoba kyk aq minum dingin dingin hehehe tetap seger dan dijamin ga bakalan batuk. Tubuh tetap berasa enak meski diminum dingin (ini klo pas lg gerah ya) :D

      Delete
  8. A great post! <3
    I am following you and we invite you to me
    https://milentry-blog.blogspot.com

    ReplyDelete

Follow Us @soratemplates